Saturday, December 24, 2016

Membuat Sim C Baru


ujian sim c polres bantul

kali ini ane akan share pengalaman ane buat sim c baru di polres bantul, bagi yang mau buat sim c, ini bisa jadi referensi :v
sebenarnya aku sudah buat KTP sejak november lalu, tapi aku putuskan untuk membuat sim pada bulan ini Desember, karena saat itu ane sudah mau UAS, dan karena desember adalah saat liburan, jadi ada banyak waktu luang. Dan ternyata benar niatku membuat Sim saat liburan, karena Membuat Sim C cukup lama juga, saya sempat mencari di mbah Google tentang Cara Membuat Sim c katanya di beberapa web membuat sim c itu 1 hari jadi jika lancar, tapi kenyataannya di tempat ane gk bisa 1 hari jadi.
sebelumnya ane sudah siapin fotocopy ktp, hari itu ane berencana berangkat jam 7.30 tapi tidak jadi karena ane agak malas :v akhirnya ane berangkat jam 8, ane langsung menuju polres bantul kemudian ane cek kesehatan dan membayar 25000 kemudian ane membayar ke loket kas polres bantul dengan menyerahkan fotokopi ktp dan sks, cukup lama aku menunggu antrian akhirnya aku dipanggil juga tapi, karena ktpku blom jd kata petugasnya harus disertakan fotokopi KK, wadooh kok pakai kk segala, karena ane gk bawa kk, ane pun pulang untuk ambil kk sampai di polres lagi sekitar jam 1030
ane langsung ambil formulir dan langsung ane isi, kemudian ane mengambil tiket antri untuk kumpul formulir. Anjeer ane dapat nomor 171 padahal antrian foto baru sampai 105an wah lama banget ini belum lagi antri ujian teori. setelah menunggu sekian lamaaaa, ane dipanggil juga :v foto langsung antri lagi buat ujian teori........ kemudian giliranku tiba ane ngerjain pake logika aja semua soalnya :v karna ga belajar. setelah selesai, ane tanya ke petugas berapa hasilnya, untuk lulus minimal benar 21 dan untungya ane benar 22 (bejo). kemudian ane disuruh praktek hari berikutnya di Terminal Palbapang.
Hari berikutnya ane datang ke terminal ngepal, jam 7.50an disana udah banyak pesertanya, mungkin karena ini masa liburan. anu gak sempat latihan waktu itu karena udah ramai. tak lama kemudian polisi datang dan peserta pada disuruh absen kemudian diberi penjelasan dan contoh.
dalam ujian praktek pembuatan SIM C ada 4 rintangan yang harrus dilewati yaitu:

  1. Jalan Lurus
  2. ZIG ZAG
  3. membentuk angka 8
  4. membentuk letter U (balik arah)
pada tes 1 dan 2 ane berhasil dengan 1 kali percobaan, tapi pada tes ke 3 ane membutuhkan 2 kali percobaan karena yang pertama saya menyenggol patok saat mau keluar. dan di tes ke 4 ane gagal huhuhuhu dua kali kesempatan gagal semua :v ane disuruh mengulang hari berikutnya.
dirumah ane sempet latihan yang U biar bisa lancar. 
hari berikutnya ane berangkat pukul 7.30 tapi udah hampir sampai di terminal ngepal, ane baru sadar kalo lupa bawa Dompet dan STNK, ane pun balik lagi buat ambil itu. setelah itu saat ane sampai disana ternyata udah absen dan ane di urutan bawah huhiuhu. ane tanya sama pak polisinya kalau kemarin gagal di U, tetap harus mengulang dari awal aaaa eeq :v tes dimulai, saat tes 1 dan 2 ane masih aman, tapi di tes 3 ane kelaparan karna  nunggu lama banget, panas lagi, akhirnya ane gagal saat di angka 8, ahhhh padahal kemarin sampe di U, gelo tenan aku :v harus ngulang lagi 
hari ke 3 (sabtu) ane datang lebih pagi dan langsung latihan, disana ramai sekali, lebih banyak dari hari sebelumnya  tapi polisinya datang terlambat, jam 8.40an baru datang, mungkin apelnya lama :v, "wahh nati tambah panas ni". setelah datang njut dijelaskan seperti biasa (udah dengan 2 kali jadi terbiasa :v)
setelah itu kemudian mulai tes praktek, anjeer... ternyata kartu nomornya diacak ane dapat urutan bawah lagi. tes 1 dan 2 aman lagi, tes ketiga ane nunggu lama banget, sampe jam 11.30an baru dipanggil, untungnya ane sempat beli roti dulu jadi gk laper lagi :v dan alhamdulillah angka 8 lancar kemudian tes letter U, ane agak deg degan nih, karna pernah gagal, tapi alhamdulillah ane lancar lagi. yuuuhuuuu akhirnya lulus juga. Mantap coy, ane lulus ujian sim C tanpa CALO 
Setelah itu motorku dicek lampu seen, rem, klakson,dll. kemudian ane diberi surat keterangan Lulus ujian praktek yang buat ambil Sim di Polres. kita yang lulus ujian langsung disuruh ke polres, buat ambil sim, padahal sudah jam 1 dan hari sabtu itu pelayanan sampe jam 11. ane gk tau karena apa kami masih dilayani, padahal sebelumnya disuruh ambil sim hari berikutnya, sudahlah yang penting hari ini ane dapet SIM hahahaa 
o iya ini adalah syarat atau bahan yang harus disiapkan pemohon Sim:
  1. Fotokopi Ktp
  2. Surat Keterangan Sehat dari dokter
  3. Fotokopi KK (jika ktp blom jadi karna blangko kosong)
Tips agar lulus dan gk banyak ngulang kaya ane :
  • perhatikan aba aba petugas dengan seksama
  • jangan lupa tumpuan kakinya dan harus toleh kanan dulu sebelum start dan finish
  • jangan lupa berdoa, jangan grogi, konsentrasi 
  • gunakan gigi 2 dan rem belakang saja, gas dengan perlahan 
  • tutup postep motor karna bisa nyenggol patok
  • saat letter U ambil jalan mepet patok kiri dan jangan pakai rem depan

Load disqus comments

0 comments

Damas. Powered by Blogger.